Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beberapa Daerah di Purwakarta Sudah Mulai di Landa Kekeringan



PURWAKARTA || 22 Agustus 2024, Kekeringan dan krisis air melanda Kampung Cilimus Desa Mekarsari di Kabupaten Purwakarta tiap musim kemarau. Untuk mendapatkan air bersih warga harus mencarinya sumber mata air di bawah gunung Cantayan di Kecamatan Tegalwaru yang tidak jauh dari waduk Cirata.

Warga Desa Mekarsari harus susah payah untuk mendapatkan air bersih saat masa kekeringan. Warga harus mencari air bersih di desa-desa tetangga yang jaraknya tidak dekat. Itu dilakukan hampir setiap hari.

Wawan warga Kampung Cilimus Desa Mekarsari Kecamatan Kabupaten Purwakarta dalam satu bulan terakhir ini harus mencari sumber air dibawah gunung Cantayan yang jarak tempuhnya mencapai 30 menit dengan menggunakan kendaraan pikc up miliknya untuk mengambil air bersih.

" setiap hari bolak-balik tiga sampai empat kali untuk mengambil air bersih disini, jarak dari rumah sekitar 30 menit menggunakan mobil pick up hasil sewa." Kata Wawan yang ditemui saat mengambil air bersih di Gunung Cantayan,Kamis (22/8).

Sementara, Dodi Warga Citeko Kecamatan Plered mengaku Jarak antara desanya dengan lokasi pengambilan air sekitar 5 Km. Untuk menghemat tenaga apalagi tidak memiliki kendaraan lain kecuali sepeda motor, dilakukan dua hari sekali dengan menyiapkan 5 sampai 10 jerigen.

"kadang dua hari sekali. Ya pokoknya air diirit-irit. Mandi juga irit-irit,"Kata Dodi.

Warga berharap, Pemerintah Daerah segera mengambil langkah untuk memenuhi kebutuhan air bersih diwilayahnya tersebut.

Post a Comment for "Beberapa Daerah di Purwakarta Sudah Mulai di Landa Kekeringan "